Home » » Cara Mudah Mengatasi HP Android yang Lambat

Cara Mudah Mengatasi HP Android yang Lambat

Written By Unknown on Kamis, 05 Februari 2015 | 06.07

Cara mudah mengatasi HP Android yang lambat atau lemot - Saat ini Android OS memang sangat mendominasi perangkat smartphone ataupun tablet dibanding OS lainnya. Hal tersebut juga mempengaruhi perkembangan pengguna smartphone Android yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kesempatan ini tak dilewatkan oleh para pengembang aplikasi dari OS Android yang memenuhi Playstore sebagai toko aplikasi Andoid resmi. Berbagai aplikasi menarik mulai dari chat, game, sosial media, dll yang kebanyakan juga gratis menjadi kebutuhan wajib sebuah smartphone Android. Awalnya mungkin terasa biasa saja, namun ketika smartphone Android kita mulai terasa lemot atau lambat barulah kebingungan muncul dan baru mencari-cari penyebab dan cara mengatasinya. Untuk HP Android dengan spesifikasi menengah ke atas tentu saja itu bukan masalah atau hanya sedikit mengurangi kinerja, akan tetapi jika HP yang kita miliki masuk di kategori low-end atau kelas bawah tentunya ini menjadi masalah yang sangat mengganggu.

Cara Mudah Mengatasi HP Android yang Lemot
Cara Mudah Mengatasi HP Android yang Lemot


Sering kali timbul berbagai pertanyaan kenapa HP Android lemot atau lambat? Apa penyebab Android lemot? Bagaimana mengatasi Android yang lambat, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan Android lemot atau lambat.

Untuk menjawab kebingungan sobat, berikut akan saya coba mengulas beberapa penyebab dan cara Mengatasi HP Android yang lambat atau lemot :
  • Internal memory yang penuh - Aplikasi yang kita install di smartphone Android secara default akan tersimpan di memori internal atau telpon, jika terlalu banyak aplikasi terinstal maka memori internal menjadi penuh dan performa HP Android akan mengalami lemot atau lambat. Solusi dari masalah ini adalah dengan membuang aplikasi yang tak begitu penting dan jarang digunakan atau bisa juga dengan memindahkan aplikasi ke SDCard external.
  • Menghapus Cache - Munculnya cache disebabkan karena aktivitas browsing internet, chatting, sosial media, dan kegiatan online lainnya. Kemunculan cache akan semakin bertambah seiring kegiatan online yang memang menjadi hal wajib bagi pengguna smartphone Android hingga tanpa disadari hal tersebut mempengaruhi performa. Solusinya adalah kita harus rajin-rajin menghapus cache secara berkala dengan aplikasi cleaner yang banyak tersedia di google playstore.
  • Tidak menggunakan Live Wallpaper - Walaupun tak begitu terasa namun tak ada salahnya untuk tidak menggunakan live wallpaper karena selain mengurangi performa juga menyebabkan penggunaan bateray smartphone Android Anda menjadi lebih boros.
  • Mengontrol multitasking - smartphone android memiliki kelebihan fitur multitasking yaitu mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan jika tidak terkontrol akan banyak task yang tak terpakai namun masih aktif. Hal inilah yang bisa membuat HP Android terasa lemot. Untuk mengatasi masalah tersebut, tutup tasking aktif yang tak terpakai lagi dengan aplikasi tasking bawaan (beberapa HP Android sudah ada) atau yang tidak ada bisa mencari aplikasi Task Manager yang bisa Anda download gratis di Playstore.

Itulah beberapa tips singkat cara mudah dan cepat mengatasi HP android yang lambat dan lemot. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Mencari pilihan smartphone dan tablet dengan harga termurah : Klik Di Sini

2 komentar:

  1. mantap patut dicoba,
    ----------------------
    mainan anak SNI klik www.pipihflanel.com or www.tokopedia.com/pipihflanel :)

    BalasHapus

Popular Posts